Punya Tujuan Jelas

Orang biasa hanya melihat kejadian hari ini. Mereka tidak memikirkan besok mau apa. Rutinitas kegiatan menjadi belenggu hingga yang dipikirkan hanyalah pekerjaan hari ini

Tanyalah pedagang kecil di pinggir jalan

“bang, dagangannya laris ya?”

“Alhamdulillah pak, lumayan,” jawabnya ramah

“Biasanya sehari berapa orang pembeli yang dating, bang?”

“Tidak tentu pak, kadang banyak, kadang sedikit.”

“tidak pernah menghitung ya bang?”

“kagak pak, buat apa? Yang penting dagangang laku”

Nyatanya banyak pedagang tidak tahu berapa rata-rata jumlah pengunjung per hari. Tidak tahu bagaimana kira-kira kondisi besok, bagaimana minggu depan, tahun depan, lima tahun ke depan.

Mungkin anda pernah melihat pelaku bisnis seperti ini. Semula ia membuka bengkel sepeda motor. Setahun kemudian ia berminat buka usaha ikan hias gara-gara melihat trend ikan hias sedang berkembang pesat. Setelah terjun, ia merasa penghasilannya tidak juga berkembang. Ia cari peluang lagi. Ketemulah bisnis pakaian, ia hitung untungnya lebih besar. Faktanya tak mudah juga berjualan pakaian. Pindahlah ia ke bisnis warung makan. Itupun tak memuaskan. Sampai akhirnya ia putuskan kembali ke usaha bengkel motor seperti sedia kala.

Jelas sekali orang ini melihat dalam jangka waktu pendek, tidak melihat dalam kerangka lebih besar. Apalagi melihat dalam 5 tahun ke depan. Akibatnya ia melakukan sesuatu secara acak, berputar-putar hingga sampai akhirnya kembali ke awal lagi.

Penghasilan besar atau kecil dari suatu bisnis bukanlah karena bidang usahanya, melainkan pada keahlian mengelolanya. Pemilik bengkel dapat punya omzet milyaran rupiah sebulan bila bisa mengembangkan bengkelnya menjadi ratusan cabang. Hal yang sama juga untuk bisnis ikan hias, restoran, bisnis pakaian dan sebagainya. Bahkan bisnis sampah pun bisa milyaran rupiah bila dikelola dengan baik.

Nah, para pemimpin yang hebat biasanya punya pandangan jauh ke depan untuk membuat bisnisnya berperan besar dalam masyarakat. Itulah yang sering kita dengar dengan istilah VISI seorang pemimpin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s